[Ficlet] Ouvrir


Ouvrir

Songwriter: miichan | Artist(s): f(x)’s Krystal and Sulli, Miss A’s Suzy | Genre: Friendship; School life; AU | Rating: T | Duration: Ficlet

OUVRIR. v. 1. v.t. membuka. 2. v.i. terbuka, dibuka, buka.

Bel tanda istirahat sudah berbunyi sejak lima menit yang lalu, tapi belum ada tanda-tanda Sulli akan meninggalkan mejanya dan menuju kantin bersama kedua sahabatnya. Gadis itu masih duduk di kursinya, menatap selembar kertas di kedua tangannya dengan dahi berkerut-kerut. Itu adalah kertas ujian bahasa Prancisnya, dengan nilai C yang ditulis besar-besar menggunakan tinta merah.

“Mau dilihat sampai kertasnya bolong juga nilainya gak akan berubah.”

Sulli menghela napas berat. Tidak kelihatan sakit hati dengan ujaran tajam Krystal.

“Coba lihat!” Suzy yang kursinya di belakang Sulli mencondongkan tubuhnya, mencuri lihat kertas ujian Sulli dari bahunya. “Nomor tiga, kenapa ‘Ouvrir’-nya dikonjugasikan bentuk imparfait? Kan sudah jelas itu aksi, bukan latar dan bukan kejadian yang dilakukan terus-terusan.”

Bibir bawah Sulli maju sedikit. Tanpa mengalihkan tatapannya dari kertas, ia membuat pembelaan. “Aku masih belum paham, apa bedanya imparfait sama passé composé?”

“Aduh! Kok gak bertanya dari dulu, sih? Kalau ada yang belum mengerti, ya tanyakan. Sekarang lihat, kan?” gerutu Suzy. Tapi tidak urung juga ia menjelaskan kembali perbedaan dua kalimat berbeda bentuk waktu itu. “Imparfait itu digunakan untuk menjelaskan keadaan, latar, atau aksi yang dilakukan secara kontinu. Kalau passé composé digunakan untuk menjelaskan aksi yang cuma sekali, dilakukan hanya pada saat itu saja. Dan dua-duanya dalam bentuk lampau.”

Krystal memutar bolamatanya begitu melihat kerutan di dahi Sulli semakin dalam seiring mendengar penjelasan Suzy. Ia yang semula menyandarkan pinggang pada sisian meja sambil bersedekap kini menegakkan tubuhnya. Merasa memiliki kewajiban membantu sahabatnya itu.

“Sulli, perhatikan. Kuberi contoh seperti soal nomor tiga itu. ‘Il ouvre la porte’[1], dirubah ke bentuk passé composé, karena membuka pintu itu kan sebuah aksi yang hanya dilakukan sekali dan cepat. Tap! Seperti ini …,” Krystal menjelaskan sembari mempraktekan teorinya, membuka buku catatan yang ada di depan Sulli dan mengumpamakannya sebagai pintu. “Lihat? Aksinya sekali, dan singkat. Kecuali kamu membukanya seperti ini …,” Krystal kembali membuka buku catatan Sulli, kali ini dengan tempo sangat pelan. “Ini, baru bisa pakai imparfait. Sedangkan di soal itu gak ada keterangan kalau subjeknya membuka pintu dengan pelan sekali. Kamu mengerti?”

Kepala Sulli mengangguk samar, tapi dahinya masih berkerut-kerut.

“Nah, coba bentuk kalimat passé composé dari ‘Il ouvre la porte’ bagaimana?” tanya Suzy, mengetes Sulli.

“Hmm … ‘Il a ouvert la porte’?” Jawab Sulli ragu-ragu.

“Bingo!” Suzy menjentikkan jarinya.

“Tapi …,” Sulli menyela. “Tetap bisa kan, verba ouvrir pakai imparfait?”

“Coba kamu buat contoh kalimatnya,” tantang Krystal.

Sulli segera mengambil buku catatan dan kamusnya. Ia membuka-buka kamusnya sebentar, lalu menuliskan sesuatu di bukunya. Memang sulit jika harus membuat kalimat secara spontan untuk seseorang yang baru belajar bahasa Prancis tingkat dasar. Beberapa saat kemudian, ia selesai. Suzy yang masih bertahan melongokkan kepalanya di bahu Sulli tidak bisa menahan tawa melihat apa yang Sulli tulis, membuat kedua alis Krystal bertautan.

Namun, begitu Sulli memberikan buku catatannya pada Krystal dan gadis itu membaca apa yang ditulis sahabatnya, telinga Krystal memerah seketika.

‘Puisque Krystal déjà rompu avec Myungsoo, elle ouvrait son cœur très lentement pour Sehun.’[2]

“Choi Sulli! APA-APAAN INI?! KONSTRUKSI KALIMATNYA JUGA SALAH!”

Sulli hanya tersenyum polos, memperlihatkan eye-smile-nya.

“Kenapa kamu suka banget menghubung-hubungkan hal-hal begitu, sih, Ssul?” Suzy bertanya lagi setelah tawanya reda.

Sembari menggedikkan bahu, Sulli menjawab, “Itu caraku biar cepat ingat.”

Catatan kaki :

[1] Dia (laki-laki) membuka pintu.

[2] Karena Krystal baru saja putus dengan Myungsoo, dia (perempuan) membuka hatinya dengan sangat pelan untuk sehun.

 

 

Eung, ini bukan tulisan terbaik aku.
Aku cuma lagi stress karena besok ujian civilisation sama linguistique dan materinya hapalan 😦
Btw, ada yg belajar bahasa Prancis juga? atau ada yg tertarik belajar?

Advertisements

9 thoughts on “[Ficlet] Ouvrir

  1. Puahahaha masih dengan tiga sekawan /?/ ini dan kekonyolannya xD
    Ah… bahasa prancis yaaaa aku mau, tp lebih mau korea dulusih pmft

    Sip lanjutgan!

  2. Aku ngakak di ending. pas banget di ending. di bagian catatan kaki XD oh, jadi itu yang ditulis sulli….
    Aku bacanya skip bagian-bagian bahasa perancis karena emang ngga tau cara bacanya ^^a #plaak

    iiiih…. jadi menantikan FF-FF singkatnya Mei tentang mereka. ^^ Etapi Mei, coba kamu bikinnya bukan Myungsoo, tapi Luhan. Kan bisa dihubungin sama FF kamu yang secangkir teh jadinya ^^ hihiw..lucu Mei, koplak banget si Sulli~ XD.

    1. hhaha nanti mari kita coba dengan fisika atau kimia ya biar semua bisa baca :3
      kkekeke

      iya sih, sempet kepikiran jg pake Luhan, tp ga tau kenapa pengen aja pake myungsoo.. hhaha

      ff singkat trio ini tergantung dr kegilaan temen2 aku sih.. hhaha karna sejauh ini, semua ceritanya based on true story wkwkwk

      makasih banyak ya iin:3

  3. Ringan tapi asik. Pas banget sama feel anak sma nya 🙂
    Dan suer, si sulli blank gitu sma bhasa prancis masi sempet2nya ngusilin krystal. 😀

Song Review

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s