[Song For New Year] Late


LATE

Late

by malfione

| Cast:  [EXO’s] Park Chanyeol | Genre : Hurt/Comfort, Romance |

|Length : Ficlet | Rate : PG|

Di tengah keramaian ini, aku tidak bisa berhenti melihat sosokmu. Orang yang dengan lancangnya mengobrak-abrik hatiku. Setiap detik, menit, juga jam yang aku lalu. Setiap waktu, dan kuharap kamu tahu. Tapi tidak. Alih-alih melihat atau sekadar mengetahui eksistensiku, kamu justru memilih untuk berdiam kaku.

Kamu bukan patung—oh tentu saja bukan. Pun kamu bukanlah sosok yang tampak acuh terhadap apa pun. Tapi anehnya, aku adalah pengecualian. Tidak tahu apa, pula tidak tahu mengapa. Yang jelas, ‘tiap kali aku memintal jarak mendekatimu, tidak ada reaksi yang menyertai. Aku ada, tapi kamu menganggapku tiada. Bertingkah seolah-olah aku makhluk tak kasat mata.

Pernah satu kali—oh, mungkin lebih dari itu—aku sengaja berdiri tepat di depanmu. Persis di situ. Menatap manik cokelat hangat yang sampai saat ini berhasil menyedot atensiku. Alih-alih bertanya, “ada apa?” atau mengernyit lucu seperti yang selalu kamu lakukan kala mendengar gemerusuk daun—aku heran juga sebenarnya, mengapa daun lebih bisa menarik atensimu dibanding aku—dengan pandangan kosong, kamu justru diam membeku. Ya, selalu seperti itu. Menganggapku kembaran angin lalu.

Tidak apa, pikirku. Mungkin saja ‘kan, kamu saat itu sedang banyak pikiran. Atau mungkin juga sengaja. Entahlah. Yang jelas, itu semua tak menyurutkan tekadku untuk mendapatkanmu. Katakan aku terobsesi—tidak bisa dibilang terobsesi juga sih. Ini berbeda. Jelas berbeda. Orang yang terobsesi atau sekadar mengagumi jelas kentara sekali perbedaannya. Aku hanya kagum akan… akan apa ya? Ugh, aku sendiri tidak terlalu tahu apa itu cinta, apa itu kagum, atau segala yang berbau roman. Yeah, lagipula setiap hari aku hanya dicekoki dengan berbagai macam buku. Tidak masalah, asal tidak setebal ensiklopedia, aku tidak keberatan. Tapi tidak. Setiap hari aku diharuskan menyelami rumus-rumus, dan segala antek-anteknya mengenai alam, atau matematika, atau lainnya. Orangtuaku gila—mungkin saja.

Harusnya sebagai anak laki-laki aku bisa menentang kemauan mereka yang sangat klasik—putra tunggalnya harus pintar di segala bidang, terutama pengetahuan. Dan setelahnya akan diangkat menjadi pewaris perusahaan. Oh iya tentu itu gila. Maksudnya, siapa yang senang dijadikan pewaris? Tentu semuanya akan dengan senang hati menerima. Tapi, hey, siapa juga sih yang mau dikurung seharian di rumah untuk bergelung dengan buku-buku tebal, pun tidak boleh keluar ke mana-mana seumur hidup? Tidak, terima kasih. Itu ‘kan jawaban kalian?

Berbeda denganku. Ini beda permasalahan. Alasan klasik—lagi. Ayahku punya penyakit jantung dan kalau aku berani kabur dari rumah, maka ia akan kolaps dan ya, kalian tahu apa yang akan terjadi setelahnya. Tapi agaknya Tuhan masih berbaik hati padaku. Kurungan seumur hidup di rumah tidak berlaku lagi sekarang, diganti menjadi kurungan limabelas tahun tanpa keluar rumah—kecuali kalau ada urusan penting, maka itu adalah pengecualian. Dan umurku sekarang sudah menginjak tujuhbelas tahun. Yang mana membuatku bisa merasakan indahnya kebebasan selama kurang lebih hampir dua tahun. Tidak ada hal istimewa yang terjadi. Paling-paling hanya menambah teman di sana-sini. Itu membosankan, kalau kalian ingin tahu.

Tahun sudah berganti dan aku merasa ini semua semakin terasa membosankan alih-alih bersorak riang laiknya orang-orang di luar sana. Iya, membosankan karena aku belum juga mendapatkan atensimu. Salahku juga sebenarnya. Harusnya aku tidak hanya melihat. Harusnya aku berani untuk menyapamu lebih dulu. Aku tidak tahu, sekali lagi aku tidak tahu. Fakta yang kudapati bebapa hari terakhir nyaris membuatku tidak bisa tidur nyenyak. Alih-alih, bayangan akan dirimulah yang selalu menghantui. Fakta bahwa kamu buta—oh, kenapa aku baru mengetahuinya sekarang? Kamu terlalu normal untuk dikatakan buta. Kamu bertingkah seolah-olah semua bisa kamu lakukan walau tanpa sepasang mata yang bisa berfungsi dengan baik. Pantas saja. Pantas saja kamu tidak melihatku yang berdiri tepat di hadapanmu kala itu. Aku tidak tahu apa yang harus aku lakukan. Ingin menyapamu pun agaknya ini sudah terlambat.

Hari ini aku melihatmu lagi. Di sana. Di kedai kopi pinggir jalan. Tempat yang selalu kamu kunjungi—dan sekarang justru jadi tempat favoritku. Tapi mungkin tidak lagi. Sekali lagi, aku terlambat. Terlambat mengetahui fakta bahwa kamu sudah memiliki lelaki. Terlambat mengetahui bahwa kamu sudah mengikat janji dengannya lewat cincin yang tersemat di jari. Aku terlambat. Dan aku bisa apa selain berhenti untuk mengagumimu kendati itu berat sekali?

 

—fin.

3 thoughts on “[Song For New Year] Late

  1. Hallo, aku gak tau ini, bisa nyasar kemari dari timeline, gara-gara liat poster Chanyeol jadi gak tahan (?) pengen ngeklik. /abaikan;-;/
    Loh, jadi ini cewek yang ditaksir Chanyeol buta?
    Yasudah Yeol, kamu sama aku aja kalo ceweknya udah terikat sama cowok lain. /sumpah random banget ni komen/ Maaf ya huhu T.T, keep writing btw, kosakatanya bagus~

    1. Hai Kak Berly! Hehe kalau kakak nyasar di fic ini berarti kakak kurang beruntung heu tp aku bersyukur ternyata poster Chanyeol bisa menggaet orang buat baca fic abalku lol

      Keep writing juga buat kakak 😁

  2. HEOL! JATUH CINTA SAMA UNTAIAN KATANYA, JATUH CINTA SAMA PCY YANG SESUATU DI POSTER, JATUH CINTA SAMA CERITANYA ❤
    sumpah aku ngakak xD emang bunyi daun lebih menarik dari chanyeol? xD bagi aku engga kok hahaha xD
    duh kasian banget chanyeol :" udah dikurung 15 taun di rumah, suka sama cewe buta, dan udh nikah pula :" poor chanyeol~
    feelnya ini kerasa banget TT aku suka gaya penulisannya ^^
    keep nulis ya~ aku imel dari 00 line salam kenal~

Song Review

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s